Review Kelebihan dan Kekurangan Beserta Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Lazada Indonesia
Ya sekarang sudah banyak dari antara kita yang memiliki smartphone, siapa sih zaman sekarang yang belum memiliki Smartphone? Nah sekarang saya akan memberikan review tentang salah satu Smartphone, yaitu Xiaomi Redmi Note 3 Pro.


 Nah guys, smartphone yang satu ini sempat saya gunakan sejak Oktober 2016 hingga 1 Juli 2017 kemarin guys, karena apa sampai kemarin? Karena kemarin terjadi insiden yang menewaskan Smartphone saya hingga tidak bisa digunakan lagi hahahahaha. So, sekarang saya sudah tidak memiliki smartphone lagi dan mengandalkan laptop saya untuk keperluan blogging sekarang.

Ok lanjut saja. Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini berhasil menarik hati saya karena spesifikasi yang lumayan bagus dengan harga yang terjangkau. Memang Smartphone-smartphone sekarang banyak yang memiliki spesifikasi yang tinggi dengan harga yang murah dan terjangkau, seperti Smartphone keluaran Lenovo, Asus, Acer, Oppo, Xiaomi dan masih banyak lagi.


Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini memiliki Battery Li-Po 4000 mAh Non-removable. Sangat besar, berdasarkan pengalaman saya smartphonenya bisa aktif lebih dari 5 hari tanpa dicharge (tanpa terkoneksi internet). Hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencharging dari kondisi battery 10% ke 100%. Lumayan cepat juga bagi saya. Saya pernah mencoba untuk bermain game online, memutar musik dan video, nonton video YouTube, browsing, dan membuka media sosial sekitar 5 jam battery hanya berkurang sekitar 30%. Ya wajar sih karena memang kapasitas si battery.


Redmi Note 3 Pro memiliki layar lebar 5,5" Full HD IPS LCD dengan resolusi 1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density). Memiliki body yang elegan yang terbuat dari metal, keren sih tetapi sangat licin di tangan, jika tangan kering maka smartphone ini akan dengan senang hati berselancar di telapak tangan menuju tanah hahaha. Jadi, saran saya gunakanlah softcase karet atau hardcase yang bagus untuk smartphone ini agar tidak merusak body dan tidak licin di tangan. 



Smartphone ini ditenagai dengan CPU Hexacore 1,8 GHz dengan Chipset Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650. Memiliki RAM 2/3Gb dengan memory internal 16/32 Gb. Android Versi 5.1.1 (Lollipop) upgradable to 6.0 (marshmallow) dengan MiUI 7.3 upgradable to MiUI 8. Smartphone milik saya RAM 2Gb dengan memory internal 16, cukup bagus ya dan seharusnya memang sangat bagus karena memiliki dapur pacu yang sangat cepat. Ada satu hal yang menjadi kekecewaan saya adalah, 5Gb dari memory internal digunakan penyimpanan Mi Clouds. Sehingga saya hanya bisa menikmati 11Gb saja dari memory internal smartphone saya. Sangat menjadi pertanyaan untuk saya juga adalah memory internal sangat cepat penuh, entah bagaimana tetapi memory yang tersisa karena apps pasti hanya 2Gb tidak lebih dari itu. Bagi saya sendiri pengalaman menggunakan smartphone ini kurang cocok untuk bermain game, terutama game berat dan apps berat (seperti edit video), mengapa? Karena terkadang saat bermain game atau apps bisa patah-patah atau not responding karena memakan banyak ruang penyimpanan. Hal ini bisa jadi karena penggunaan memory yang hampir penuh dan apps bekerja bersamaan. Saran saya lebih baik gunakan 1 atau 2 saja apps yang aktif pada saat bersamaan agar bisa menggunakannya secara lancar tanpa hambatan, juga jangan kebanyakan apps di smartphonenya.









Tetapi smartphone ini juga punya keunggulan guys, untuk kamera smartphone ini terbilang sangat bagus. Kejernihan dan ketajaman dari hasil kameranya sudah tidak diragukan lagi. Dibekali kamera belakang 16MP untuk keperluan fotografi dengan fitur-fitur yang banyak dengan dual LED Flash berwarna kuning membuatnya sangat tajam dan sangat jernih untuk foto malam hari. Kamera 5MP didepan untuk keperluan berfoto selfie dengan fitur-fitur yang menarik juga. Bagi kamu yang sangat suka dan gemar dengan fotografi, smartphone ini sangat cocok bagi kamu, kemampuan autofocusnya sangat tajam. Berikut beberapa hasil foto yang saya abadikan dengan Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro saya.
Foto kamera belakang outdoor focus ke mobil
Foto kamera belakang outdoor focus ke kaca

Foto kamera belakang outdoor petang


Foto kamera belakang outdoor malam hari dengan Flashlight
Foto kamera belakang indoor


Foto dengan kamera depan outdoor (selfie)
Maafkan saya untuk foto selfienya heheheee.

Untuk kartu SIM, smartphone ini menggunakan 2 slot SIM dengan SIM 2 Hybrid. SIM 1 dengan MicroSim dan SIM 2 dengan NanoSim. Kita bisa memasangkan microSD jika ingin menambah penyimpanan eksternal, tetapi kamu hanya bisa menggunakan 1 SIM. Karena SIM 2 satu tempat dengan posisi microSD. Itulah salah satu kekurangannya juga, jika ingin menggunakan dua SIM maka harus puas dengan memory internal. Smartphone ini juga sudah mendukung jaringan 4G LTE, namun utk beberapa smartphone seri RedMi Note 3 Pro ada yang masih belum 4G LTE sehingga harus di upgrade terlebih dahulu di counter-counter HP yang ada. Fitur-fitur konektivitas selain 4G LTE juga mengusung 2G dan 3G HSPA+, terdapat Wi-Fi, hotspot, bluetooth dan sebagainya. Terdapat juga fiitur khusus seperti Fingerprint, dimana kita bisa mengaktifkan smartphone kita dengan sidik jari kita atau teman kita. Smartphone ini juga memiliki fitur Infrared untuk keperluan remote controll. Saya biasa menggunakannya untuk on/off TV, LCD Projector di kampus, AC, dan sebagainya.


Dulu saat bulan Oktober 2016 saya beli Smartphone ini dengan harga Rp. 1.800.000,-
Kurang tahu dengan updetan harga baru sekarang sih.

Kelebihan
  • Jaringan sudah 4G LTE
  • Battery Li-Po 4000 mAh fast charging
  • Kamera belakang 16MP dengan dual LED Flash dan depan 5MP dengan fiitur-fitur yang banyak dan menarik
  • Layar 5,5" IPS LCD resolusi 1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density) FULL HD.
  • Dapur pacu sangat cepat CPU Hexacore 1,8 GHz dengan Chipset Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650
  • Android versi 5.1.1 (Lollipop) bisa di upgrade ke Android versi 6.0 (Marshmallow)
  • MiUI versi 7.3 bisa upgrade ke MiUI 8
  • Terdapat Fitur Fingerprint, Infrared, Bluetooth, Wi-Fi, Hotspot, dan lain-lain.
  • Body metal yang menjadi tampak elegan

Kekurangan
  • 5 Gb memory internal digunakan untuk Mi Clouds
  • Body metal yang terlalu licin jika tidak menggunakan softcase atau hardcase.  
  • Slot SIM 2 bersifat Hybrid jadi tidak bisa menggunakan MicroSD dan SIM 2 secara bersamaan.
  • Battery non-removable

Nah itu dia sedikit review pengalaman saya pada saat menggunakan Smartphone Xiaomi RedMi Note 3 Pro, semua yang saya tulis adalah hasil pengalaman saya dalam menggunakan smarphone ini, jadi bukan karena dengar dari temen atau cuma cari informasi dari internet dan tulis. Tetapi benar-benar pengalaman pribadi sendiri. Kiranya bermanfaat. GBU



 Hosting Unlimited Indonesia

Comments

Popular posts from this blog

Cara bermain, menyusun, dan arti label/lambang UNO Stacko bagi pemula

Nama-nama Kartu Uno dan Cara Memainkan Kartu Uno! Wajib Tahu!!